Minggu, 06 Oktober 2013

TUGAS #PSKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET

Nama    : Helen Yohana Sirait
NPM     : 13512371
Kelas    : 2PA01


Sejarah Teknologi Internet :

Internet merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software computer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Tujuan awal dibangunnya proyek ini adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat system jaringan computer yang tersebar dengan menghubungkan computer didaerah-daerah.vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan empat situs saja yaitu : Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah dan membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969dan diperkenalkan pada bulan oktober 1972. Dan kemudian berkembang diseluruh daerah dan semua universitas di Negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET menjadi kesulitan untuk mengaturnya. Kemudian dipecah menjadi dua yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan dari kedua jaringan tersebut dikenal dengan nama DARPA internet, yang kemudian disederhakan menjadi INTERNET.


Manfaat Teknologi Internet : 

- Orang-orang dari berbagai kalangan profesi dapat lebih mudah memperoleh informasi yang sudah lama atau informasi yang terbaru dengan cepat.
- Dapat membantu pelajar / mahasiswa dalam mengerjakan tugas dan Pengetahuan semakin bertambah.
- Penduduk / masyarakat bisa lebih cepat tahu beragam jenis informasi perihal penyakit dengan umum untuk dapat menghindar dan mengambil tindakan awal terhadap sebagian penyakit.

 
Pengalaman menggunakan Teknologi Internet :

Pertama sekali saya mengenal social media adalah Facebook yaitu pada tahun 2009. Itu karena teman saya ngajakin untuk membuat facebook. Pertama sekali menggunakan facebook itu buta banget dan bisa dibilang katrok / gak gaul. Tetapi saya banyak bertanya kepada teman saya yang sudah lebih tahu tetang facebook. Saya bertanya kepada teman saya bagaimana cara update status, minta pertemanan kepada orang lain, cara upload foto dan masih banyak lagi. Seiring berjalannya waktu saya mengalami banyak perubahan dalam menggunakan facebook dan tidak perlu lagi bertanya bahkan saya sudah bisa mengajarin orang lain. Sisi negatif yang saya dapat dalam menggunakan facebook adalah banyak waktu yang terbuang main facebook sehingga lupa untuk belajar, nilai semakin menurun dan ketergantungan. Sisi positif yang saya dapat dalam menggunakan facebook adalah saya dapat berkomunikasi kembali dengan teman lama saya yang sudah tidak pernah bertemu lagi, mendapat teman baru, pengetahuan bertambah dan dan masih  banyak sisi positif yang saya dapatkan. 

Seiring berjalannya waktu jaringan social media semakin lama semakin berkembang muncullah twitter dan hal yang sama yang saya alami di facebook juga saya dapat di twitter yaitu pertama-tama kesulitan dalam menggunakannya dan banyak bertanya juga kepada teman. Sampai akhirnya saya mengerti menggunakan twitter. Sisi negatif yang saya dapat dalam menggunakan twitter hampir saya dengan facebook. Sisi positif yang saya dapat dalam menggunakan twitter adalah saya dapat mengetahui informasi lewat twitter, contoh : dapat mengetahui informasi tentang selebriti , berita, motivasi-motivasi, Firman Tuhan dan lain sebagainya. 
Selanjutnya, saya banyak belajar tentang Sosial media Google. Google sangat banyak membantu saya untuk mengetahui informasi-informasi penting, dapat memudahkan saya dalam mengerjakan tugas, dan lewat Google juga saya bisa membuka youtube, main games, menambah pengetahuan dan lain sebagainnya. Sisi negatif dalam menggunakan Google adalah membuat pelajar/mahasiswa lebih gampang mencari tugas dan jawaban dan sekaligus membuat mereka malas mencari tugas dari buku atau referensi lain. Sisi positif yang dalam menggunakan Google adalah dapat memudahkan pelajar/mahasiswa dalam mengerjakan tugas, dalam berbagai kalangan/profesi dapat dengan mudah menemukan informasi penting. Dan masih banyak lagi social media lain yang saya ketahui seperti : yahoo messenger, skype, email, dan masih banyak yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar