Kamis, 31 Oktober 2013

TUGAS 2 #PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET



NAMA      :  HELEN YOHANA SIRAIT
KELAS      :  2PA01
NPM        :  13512371


PLAGIARISME


Plagiarisme diambil dari kata plagiat yang artinya perjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, style orang lain dan lain sebagainya tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada pemiliknya dan menjadikan karangan atau pendapat tersebut sebagai kepunyaannya. Pelaku plagiat disebut Plagiator.
Jaman sekarang banyak kita lihat terjadi plagiarisme dalam berbagai jenis dan bentuk. Misalnya : dalam pendidikan, perfilman, pekerjaan, tarian dan lain sebagainya. salah satu contoh tindakan plagiarisme yang saya ketahui dan masyarakat indonesia sempat heboh akan peristiwa ini yang disiarkan di berbagai stasiun tv dan menurut saya sangat menarik untuk di bahas adalah Plagiarisme Tari Tor-tor Paluan Gordang Sambilan khas suku Batak Sumatera utara (Sumut) oleh negara malaysia. Niat Malaysia untuk memasukkan jenis tarian tradisional Tor-tor dan gendang Gordang Sembilan ini dalam akta warisan sejarah negeri jiran tersebut. Menyebabkan sejumlah orang demo di depan kantor Konsul Jenderal Malaysia. Mereka menarikan Tor-tor diiringi Gordang Sembilan lengkap dengan mengunakan pakaian adat Batak, ulos dan kain khas Tapanuli.
Aksi ini dilakukan orang Batak sebagai bentuk penolakan memasukkan Tarian Tor-tor dan alat musik khas Mandailing Gordang Sembilan ke dalam warisan budaya Malaysia. Karena Tor-tor adalah asli milik suku Batak yang telah diwariskan oleh nenek moyang orang Batak kepada mereka. Dari berita yang saya dengar sebelumnya, Malaysia juga pernah mengklaim sejumlah kesenian asal Indonesia sebagai milik mereka. Malaysia pernah menampilkan tari Pendet yaitu asal Bali dalam video iklan “Enigmatic Malaysia” di Discovery Channel. Selain itu juga Malaysia pernah mengklaim tari Reog yaitu asal Ponorogo, Jawa Timur.
Menurut saya, salah satu hal untuk mengatasi tindakan plagiarisme ini adalah memperkenalkan kepada negara lain tentang budaya dan tarian yang ada di indonesia.


Jika ingin mengetahui lebih jelasnya apa itu Plagiarime, silahkan klik link rekan saya dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar